Rabu, 04 Juli 2012

Tips Cara Memakai Eyeshadow

Pemakaian eyeshadow dengan warna dan tehnik yang tepat dapat membuat tampilan mata anda semakin menarik dan dapat mempengaruhi tampilan wajah secara keseluruhan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mempelajari tips dalam pemakaian eyeshadow.

Jenis Eyeshadow :
- Eyeshadow bubuk
Eye shadow jenis ini dapat digunakan secara basah atau kering. Jika ingin make up mata terlihat natural, sapukan eyeshadow dengan kuas kering. Jika ingin warna eyeshadow terlihat lebih intens sapukan eyeshadow dengan kuas yang telah dibasahi air sebelumnya.
- Eyeshadow krim 
Eyeshadow krim dapat digunakan sebagai warna tunggal atau sebagai duo dan bisa digunakan bersamaan dengan eyeshadow bubuk, yaitu sebagai basis dari eyeshadow bubuk dengan warna yang cocok agar lebih terkunci warnanya. Pemakaian eyeshadow krim yang paling baik adalah dengan menggunakan ujung jari. 
- Eyeshadow stick 
Bentuknya seperti stick atau krayon. Eyeshadow jenis ini hanya dipakai pada lipatan mata. Dibubuhkan penuh pada lipatan mata atau segaris saja di atas garis bulu mata.


Tips Pemilihan Warna Eyeshadow :
  • Warna eyeshadow yang terang akan membuat mata terlihat menonjol sedangkan warna eyeshadow yang gelap akan membuat mata terlihat kecil.
  • Jika memiliki kelopak mata bengkak, jangan menggunakan eyeshadow warna-warni atau warna dingin yang terang atau putih. Gunakan warna yang lembut dan matte.
  • Pilih warna eye shadow sesuai kebutuhan dan acara. Warna eyeshadow yang medium, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap seperti warna nuansa coklat, pink dan peach cocok untuk penampilan sehari-hari, siang hari dan untuk make-up kantor. Sedangkan untuk pesta bisa menggunakan warna gelap atau gradasi eye shadow warna-warni. Bermainlah dengan warna sesuai dengan baju yang dikenakan.
  •  Warna netral seperti abu-abu tua, beige, cokelat, dan abu-abu merupakan warna yang cocok untuk hampir semua warna mata. Agar terlihat lebih dramatis, cobalah gunakan warna metalik yang sangat ideal untuk mata kecil. Mata akan terlihat lebih besar dengan eyeshadow metalik atau keemasan. Untuk membuat mata cokelat terlihat lebih cokelat, gunakan eyeshadow warna biru muda.
  • Sesuaikan warna eyeshadow dengan warna lipstik untuk menguatkan kesan yang ingin di tampilkan. Pilihlah warna lipstik yang sesuai dengan warna kulit.
  • Tambahkan sedikit eyeshadow warna putih pada bagian sudut mata bagian dalam untuk mendapatkan efek yang lebih “fresh” pada mata.
  •  Jika mata anda kecil atau sipit sebaiknya hindari penggunaan warna-warna gelap secara berlebihan juga hindari penggunaan eyeliner warna hitam pada kelopak mata.


 Tips Pemakaian Eyeshadow :
  • Penggunaan kuas eyeshadow yang bermutu baik merupakan kunci dari hasil yang sempurna. Kuas dari bulu binatang lebih baik dibanding kuas sintetis. Kuas yang alami dapat dengan sempurna membaurkan eye shadow di sekitar mata.
  • Selalu gunakan krim mata sebelum menggunakan eyeshadow.
  • Warna kulit sekitar mata biasanya lebih gelap dibanding kulit wajah lainnya. Agar warna eye shadow tahan lama dan tidak berubah saat diaplikasikan pada mata, maka warna kulit sekitar mata harus dinetralkan terlebih dahulu dengan menggunakan concealer. Pilih warna concealer setingkat lebih muda dari warna kulit di sekitar mata. Jangan gunakan foundation karena kulit di kelopak mata lebih tipis daripada kulit di bagian wajah lainnya.
  • Sebelum menggunakan eyeshadow, bubuhkan bedak tabur agak banyak pada pipi dan dibawah mata. Setelah pemakaian eyeshadow selesai, bersihkan bedak tersebut dengan menggunakan kuas sehingga eye shadow yang berjatuhan ke pipi dan dibawah mata ikut terbuang.
  • Jika terburu-buru, pakailah  warna dasar eyeshadow dan kemudian langsung gunakan maskara.
  • Ketika menerapkan eyeshadow untuk lipatan mata, jagalah agar mata Anda tetap terbuka dan sedikit memiringkan kepala anda ke belakang. Ini akan memungkinkan Anda untuk lebih melihat bentuk yang Anda menciptakan dan memungkinkan eyeshadow untuk masuk ke lipatan.
  • Jika di sudut mata mulai timbul kerutan, hindari eyeshadow dalam tekstur mengkilat karena hal ini justru akan membuat kerutannya nampak nyata. Pilih eyeshadow tekstur matte (tanpa kilap).
  • Jika ingin mata terlihat lebih segar dan lebih besar, sebaiknya gunakan eyeliner pencil warna putih pada bagian dalam kelopak bawah mata. Hal ini akan membuat warna putih pada mata semakin terlihat.
  • Oleskan eyeshadow warna gelap tepat di atas lipatan kelopak mata ketika ingin mengurangi kesan cekung pada mata.


 Tiga Cara Memakai Eyeshadow :
  • Satu warna untuk daerah kelopak mata. Cara ini cocok untuk para remaja yang ingin bermake up natural. Pilihan warna eyeshadow seperti coklat, beidge, dan dusty pink.
  • Kombinasi warna gelap untuk daerah kelopak mata dan warna terang untuk daerah bawah alis. Warna terang di bagian alis berfungsi untuk mempertegas bentuk alis dan menonjolkan warna eyeshadow pada bagian kelopak. Agar hasilnya terlihat lebih menyatu, baurkan gradasi kedua warna ini.
  • Warna terang untuk bagian kelopak mata dan ditambahkan warna gelap pada sudut kelopak mata bagian luar ( tehnik socket ).


Langkah-langkah Memakai Eyeshadow Dengan Tehnik Socket Sederhana  :
  • Oleskan krim mata terlebih dahulu lalu oleskan concealer secukupnya secara merata pada kelopak mata dan kantung mata.
  • Bubuhkan eyeshadow warna muda/ paling terang di kelopak mata dengan menggunakan eyeshadow bud (bukan kuas), tekan ke eyeshadownya lalu aplikasikan ke mata dengan cara ditekan-tekan, jadi bukan diusapkan. Cara ini akan memberikan hasil warna eyeshadow yg terlihat jelas/ nyata. Warna eyeshadow ini akan menjadi warna dasar, menjaga warna juga mencegah terlihatnya lipatan/ keriput.
  • Setelah memakai warna dasar, pakailah warna medium/ warna krem di daerah tulang mata (dibawah alis mata, posisinya kira-kira dibawah lengkung alis, ke arah luar) dengan menggunakan eyeshadow blend brush lalu baurkan dengan warna eyeshadow dasar agar tidak terlihat garis pembatas antara warna muda dan medium.
  • Ambil eyeshadow warna gelap, buat socket/ segitiga di bagian ujung/ sudut luar mata untuk membuat kontur mata lebih terlihat. Gunakan kuas yang agak pipih dan agak kaku serta tidak terlalu lebar sehingga bisa membentuk socket yg jelas. Setelah itu, baurkan socket dgn menggunakan eyeshadow blend brush. Baurkan dengan baik. Pemakaian dengan cara ini dapat membuat mata lebih jelas. Bagaimana anda menerapkan warna kontur ini dapat membantu mata terlihat lebih besar, lebih kecil, lebih melebar atau lebih berdekatan.



Cara Memakai Eyeshadow by Oriflame's Makeup Artist Jonas Wramell





0 komentar:

Posting Komentar