Jumat, 15 Maret 2013

Manfaat Toner Wajah dan Tips Memilih Toner Wajah


Salah satu tahapan dalam merawat wajah adalah menggunakan toner wajah/ face toner. Face toner digunakan setelah wajah dibersihkan memakai sabun wajah atau susu pembersih. Cara pemakaian toner wajah/ face toner yang benar adalah menepuk-nepukkan dengan lembut kapas bersih yang telah diberi face toner ke seluruh bagian wajah kecuali bagian kulit di sekitar mata. Jadi ingat ya, ditepuk bukan digosok.

Penggunaan face toner sangat penting karena toner wajah/ face toner memiliki banyak manfaat, diantaranya :
  • Face toner dapat menghilangkan dan menyerap minyak dan kotoran dari kulit wajah sehingga kulit terhindar dari komedo.
  • Face toner dapat menghilangkan lapisan sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk dan mengeras yang menyebabkan kulit menjadi kusam..
  • Dengan memakai face toner sebelum memakai pelembab, maka pelembab akan mudah diserap ke dalam lapisan kulit, karena face toner membuat pori-pori terbuka sehingga pelembab dapat menembus kulit.
  • Face toner dapat menjaga keseimbangan pH kulit wajah. Kulit pada dasarnya bersifat asam, dengan pH antara 5 dan 6. Setelah wajah dibersihkan dengan sabun dan air, keseimbangan pH kulit dapat terganggu akibat sifat alkalin sabun atau air yang terlalu basa atau asam. Ketika itu terjadi, kulit harus bekerja keras untuk memulihkan keseimbangan pH. Tetapi dengan penggunaan face toner proses pemulihan keseimbangan ini berlangsung lebih cepat.
  • Face toner dapat mengecilkan pori-pori.
  • Face toner dapat mengencangkan kembali ikatan sel-sel kulit setelah kita membersihkan muka dan melindungi kulit dari chlorine juga mineral-mineral yang terkandung dalam air PAM atau air bersih lainnya.

Tips memilih toner wajah/ face toner :
  • Dalam menggunakan face toner kita harus memilih yang sesuai dengan jenis kulit kita. Khusus untuk yang memiliki kulit wajah kering, harus lebih selektif dalam memilih face toner yang akan digunakan. Karena sebagian besar face toner mengandung alkohol, yang mana alkohol ini justru akan membuat kulit semakin kering. Oleh karena itu pilihlah face toner yang tidak mengandung alkohol atau yang khusus untuk kulit kering.
  • Sedangkan untuk yang memiliki kulit normal cenderung berminyak atau kulit berminyak, dapat memilih face toner yang khusus untuk jenis kulit mereka atau face toner yang dijual tanpa spesifikasi khusus untuk jenis kulit tertentu.
  • Untuk kulit berjerawat pilihlah toner yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat bekerja dengan mempercepat pengelupasan lapisan atas kulit sehingga membebaskan folikel yang tersumbat. Folikel yang bebas dari sumbatan akan mencegah terkumpulnya sebum yang bisa memicu jerawat.

 photo banner-dian_zpse1ad63b2.jpg

4 komentar:

Nurul Wahida mengatakan...

boleh tidak pakai toner sebelum cuci muka?

Nancy Rosita mengatakan...

Pemakaian yang benar toner di pakai setelah cuci muka yaaa karena Face toner dapat menjaga keseimbangan pH kulit wajah. Kulit pada dasarnya bersifat asam, dengan pH antara 5 dan 6, setelah wajah dibersihkan dengan sabun dan air, keseimbangan pH kulit dapat terganggu akibat sifat alkalin sabun atau air yang terlalu basa atau asam dan juga melindungi kulit dari chlorine juga mineral-mineral yang terkandung dalam air PAM atau air bersih.

Unknown mengatakan...

Mba mau tanya dong,habis pake pepsodent terus mengunakan toner alkohol akan mengakibatkan patal pada kulit gak ..makasih

Unknown mengatakan...

bermanfaat sekali tips kecantikan ini terima kasih ya bu

Posting Komentar