Rabu, 07 November 2012

Tips Cantik Memakai Maskara

Setelah menggunakan eyeliner maka tahap selanjutnya dalam bermake up adalah menggunakan maskara. Maskara membantu mempercantik penampilan dengan memperbesar mata dan menarik perhatian kepada bulu mata.

Tips memilih mascara :
  • Ada 2 jenis mascara/ maskara, mascara waterproof dan mascara yang larut dengan air. Maskara waterproof, lebih tahan lama dan tidak mudah luntur, baik digunakan saat berolahraga, tetapi lebih sukar dibersihkan. Sedangkan mascara yang larut dengan air lebih mudah untuk dibersihkan akan tetapi lebih mudah luntur. Pilih yang sesuai kegiatan anda.
  • Anda dapat menyesuaikan mascara/ maskara dengan warna rambut. Warna rambut coklat bisa memilih maskara hitam agar mata terlihat lebih menonjol. Maskara coklat akan terlihat natural untuk wanita yang memiliki rambut bergelombang. Maskara warna hitam dan coklat banyak disukai karena memberikan kesan alami, gunakan warna biru untuk kesan berbeda.
  • Anda dapat memilih mascara/ maskara yang fungsinya menebalkan atau yang menambahkan panjang bulu mata atau bisa juga keduanya.
  • Mascara/ maskara yang berfungsi menebalkan memiliki sikat yang tebal, panjang dan bergelombang, atau silang menyilang, dengan bagian ujung lebih tipis dari bagian ujung dekat tungkai pegangan, ataupun sama tebalnya di kedua ujungnya. Tekstur cairan yang lebih kental dan aplikasi micro fiber atau bulu micro yang lebih sedikit. Hal ini dikarenakan untuk menebalkan dibutuhkan tambahan cairan untuk mengikat bulu micro sehingga tampilan bulu mata terlihat lebih nyata. Sedangkan bulu micro yang dibutuhkan lebih sedikit, karena dengan bulu mikro yang banyak, justru akan saling menempel dan membentuk lapisan yang memanjang, bukan menebal.
  • Mascara/ maskara yang berfungsi memanjangkan, sikat yang digunakan biasanya lebih kecil/ pendek, lebih tipis, bulunya lebih jarang tetapi bulu micronya lebih banyak, dapat membentuk kesatuan ataupun berupa helaian dan berbentuk melingkar tapi tidak saling bertabrakan. Biasanya kedua ujungnya sama tebalnya dan tidak membentuk apapun.membentuk kesatuan, memiliki tekstur cairan yang lebih cair. Biasanya sikat jenis ini lebih mudah diatur dan lebih kecil kemungkinan untuk menggumpalnya. Semakin kecil dan tipis sikat yang digunakan, semakin sedikit jumlah cairan mascara yang dapat terangkat, semakin baik bentuk dan tampilan helaian yang tercipta.

Tips cantik memakai mascara :
  • Sebelum memakai maskara, bentuk bulu mata terlebih dahulu dengan menggunakan penjepit bulu mata.  
  • Mengoleskan maskara pada bulu mata di lakukan beberapa kali, karenanya ulangi penggunaan maskara setelah maskara yang dioleskan sebelumnya mengering. Hal ini untuk menghindari penggumpalan.
  • Posisikan maskara di dasar bulu mata, kemudian goyangkan sikat bulu mata mulai dari dasar hingga ke ujung atas bulu mata anda.
  • Untuk menebalkan, gunakan mascara/ maskara yang menambahkan volume dan fokuskan pemakaian pada area akar bulu mata. Mulai dari bagian bawah akar bulu mata, lalu tarik ke bagian ujung terluar secara diagonal pada ulasan pertama dan kedua. Kemudian celupkan sikat ke dalam tabung mascara, lalu fokuskan ulasan pada bagian akar hingga tengah bulu mata secara lurus mengikuti bentuk bulu mata pada ulasan ketiga dan keempat. Biasanya dalam empat ulasan, bulu mata sudah terlihat menebal.
  • Apabila ingin lebih tebal, cukup perbanyak ulasan lurus seperti ulasan ketiga dan keempat. Apabila bagian yang ingin ditebalkan lebih tinggi, ulangi step tadi sekali lagi dengan tingkat ulasan hingga ke ¾ bulu mata.  
  • Untuk memanjangkan, apabila anda telah menggunakan mascara/ maskara untuk menebalkan, tunggu hingga mascara tadi kering terlebih dahulu. Ini untuk memastikan efek penebalan tadi tidak terganggu. Setelah kering baru ulaskan mascara untuk memanjangkan dari bagian tengah bulu mata sampai ujung terluar bulu mata.
  • Jika tidak menggunakan mascara/ maskara untuk menebalkan, maka sapukan mascara/ maskara dari bagian akar hingga bagian terluar bulu mata secara lurus tegak. Tarik sedikit di bagian ujung terluar mata untuk memberikan tambahan panjang di bagian ujung mata.
  • Sapukan dari akar hingga keluar sebanyak 2 kali, selanjutnya oleskan kembali mascara/ maskara hanya pada ujung atas bulu mata. Konsentrasikan ujung sikat untuk membentuk tambahan panjang di bagian ujung bulu mata. Biasanya setelah 4-5 sapuan, bulu mata sudah terlihat jauh lebih panjang. Untuk menambah ketebalan, celupkan sikat ke botol mascara sebelum anda sapukan lagi. 
  • Untuk bulu mata bagian bawah yang cukup panjang, cukup sapukan mascara/ maskara seperti pada bulu mata atas yaitu mulai dari akar hingga ke ujung. Namun apabila bulu mata bagian bawah anda pendek, gunakan ujung sikat mascara yang ditegakkan dan sapukan mascara untuk membentuk helaian.
  • Bagi yang menyukai tampilan natural, tidak perlu mengenakan penjepit bulu mata. Cukup kenakan mascara secara menyilang, tahan di bagian akar agak lama, kemudian tarik secara diagonal di bagian ujung terluar bulu mata. Bulu mata anda akan sedikit terangkat namun tetap terlihat natural.

Tips penting seputar mascara/ maskara :
  • Jangan kocok mascara/ maskara agar tidak cepat kering
  • Untuk mendapatkan lebih banyak mascara pada sikat, maka lakukan gerakan memutar-mutar sikat, jangan gerakan memompa (maju-mundur) akan menyebabkan maskara mengering lebih cepat.
  • Gantilah maskara 6 bulan sekali, karena ada kemungkinan tumbuh bakteri dalam maskara anda.
  • Jika menggunakan maskara waterproof, bersihkanlah dengan make up remover untuk riasan waterproof. Karena jika hanya dibersihkan dengan air, partikel maskara dapat tertinggal di bulu mata hingga beberapa hari lamanya.
  • Jika memungkinkan, cobalah mascara / maskara sebelum membelinya.
  • Jika punya maskara warna coklat, bisa digunakan pada alis mata anda, ini akan terlihat bagus dan natural.
  • Jangan takut menggunakan maskara selain warna hitam, warna lain mungkin dapat membuat mata lebih hidup dan menunjukkan jati diri yang sebenarnya.
  • Untuk pemotretan dan penampilan di atas panggung, lebih baik gunakan bulu mata palsu untuk memberikan efek bulu mata yang tebal dan panjang secara cepat, tampilan yang lebih efektif dan proses riasan yang lebih efisien.  

Tips Cantik Cara Memakai Mascara by Oriflame's Makeup Artist Jonas Wramell 

0 komentar:

Posting Komentar