Selasa, 15 Mei 2012

Bisnis MLM Haram ???

Kira-kira dua bulan yang lalu aku pernah dapet email dari salah satu prospek online, isi emailnya kek gini :

Aku kepengen ikutan.. Cuma kata teman nih, maaf...  kalo bisnis mlm itu biasanya ngeinjek org yg di bawahnya,, semakin banyak org yg di bawah, semakin kaya org yg di atasnya, gituu... Trus gimana dong mbak? Bener gak tuh?

Trus nanya lagi niih, gimana sih sistim bisnis MLM dbc Network ini, kira2 halal gak mbak??

Terima kasih atas jawabannya... 


Aku balas email diatas, seperti ini  :
Untuk jawab pertanyaan kamu mengenai kehalalan aku pakai ilustrasi aja yaaaa.
Misalnya nih ada perusahaan sepatu punya 3 orang sales, sebutlah si A, B dan C.
Dlm satu bulan yg sama A berhasil menjual sepatu ke 10 toko sepatu dan omzetnya 10 juta. Sedangkan B berhasil menjual sepatu ke 5 toko sepatu dengan omzet 5 juta dan C hanya bisa menjual ke 1 toko sepatu dan omzetnya 1 juta.
Dari penjualan sepatu2 itu, perusahaan nantinya bakal dpt keuntungan kan ya. Keuntungan itu sebagian akan dipakai utk menggaji sales2 tsb dan yg namanya sales itu kan bonusnya sesuai dgn penjualannya yaa, nah wkt gajian pasti si A gajinya lbh tinggi dr B & C, dan si B gajinya lbh tinggi dr si C. Kalau yg kayak ini halal ga menurut kamu?

Begitupun di Oriflame, misalnya ada 3 orang member, si D, E &  F.
Dalam satu bulan yg sama D berhasil mengajak 10 orang utk bergabung di jaringannya dan orang-orang di jaringannya aktif jualan/order sehingga omzet total jaringan D 10 juta.
E berhasil mengajak 5 orang utk bergabung di jaringannya dan omzet total di jaringan E adalah 5 juta.
F berhasil mengajak 1 org utk gbg dan omzetnya 1 juta.
Dari penjualan member-member tsb, Oriflame akan mendapatkan keuntungan dan keuntungan tsb sebagian akan dikembalikan ke membernya sebagai bonus. Pastinya si D bonusnya lbh besar dr si E dan F. Si E bonusnya lbh besar dr F.
Kalau kyk gini menurut kamu gimana? Halal ga? :-)

Dari ilustrasi di atas kita bisa lihat ya bahwa sebenarnya prinsip perusahaan MLM dan non MLM hampir sama, cuma bedanya kalau karyawan non MLM ada jam kerja tetap dan ada gaji pokok, sedangkan member MLM tidak ada jam kerja dan tidak ada gaji pokok. Jadi ga ada namanya dipelototin bos utk ngejar target, jd target kita yg nentuin sendiri kapan mau mencapainya. Mau lambat ya silahkan....mau cepet boleh banget...pastinya dgn semakin cepat kita sukses disini yaaa semakin cepat pula impian kita tercapai :-)

Nah kalau mengenai yang temenmu bilang, semakin banyak org yg di bawah, semakin kaya org yg di atasnya, aku  ga tau ya sistem MLM yg lain kayak gimana, krn Oriflame adalah MLM pertama yg aku jalanin :-). Yang aku tau di Oriflame itu downline ( orang yg direkrut ) level dan bonusnya bisa lebih tinggi dari sang upline ( org yg merekrut ). Jadi ga ada yg namanya upline ongkang2 kaki menikmati hasil kerja keras dr downline.

Hal ini bisa terjadi karena sampai level director, di Oriflame perhitungan bonus adalah :
Level upline dikurang level downline dikali BP dikali 5300

Dengan sistem pengurangan tersebut, kalau aku mau dpt bonus dari salah satu kaki jaringanku, levelku hrs minimal 1 tingkat diatas downline, krn kalau tdk, ya aku ga dpt bonus dr jaringan tsb dan bonusku bisa sama bahkan jauh lebih kecil dari downlineku tersebut.

Trus kalo dibilang nginjek, aku ga merasa diinjek tuh sama uplineku, temen waktu kuliah yg udah di level Diamond Director yang bonusnya udah 30 jutaan perbulan. Karena memang dia sudah bekerja keras utk mengembangkan jaringannya sampai punya 6 kaki director dan ribuan downline. Ya wajarlah kalo utk saat ini bonusnya dia jaaauuuuhhhh lebih besar dr bonusku, krn di jaringanku baru hampir seratus orang.

Tapi misalnya nih uplineku udah merasa puas dan ga ngejar untuk naik level lagi sementara aku terus mengembangkan jaringan dan akhirnya punya 6 director, aku akan ada dilevel yang sama dengan upineku itu, krn di Oriflame sistemnya fair. Uplineku itu aja level dan bonusnya nya bisa jauh lebih besar dari 3 orang upline diatasnya .

Lagipula kalo di pikir-pikir di dunia kerja lebih keras loh, sebagai bawahan walau kita kerja lebih banyak/ lebih keras dari atasan kita, tetep aja gajinya lebih besar atasan kita dan pastinya pemilik perusahaan akan dapat lebih besar lagi... Nah kalau di Oriflame kamu bisa ngalahin "gaji" atasan kamu, asiiikkkk kan....

Nah kek gitu tuh balasan emailku teman-teman, kepanjangan yak ??
Mungkin diantara kalian ada yang berpikiran sama kayak prospek ku ini, mudah-mudahan habis baca ini akan timbul pemahaman baru mengenai bisnis MLM terutama Oriflame ;-).
So kalau ada yang mau di jelasin lebih detail lagi tentang sistem di Oriflame atau langsung mau gabung kirim email aja ya ke nancyxta@yahoo.com or SMS ke 08129520093, aku tunggu yaaa....

Photobucket

0 komentar:

Posting Komentar